Mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Raih Juara 1 di UNP Expo 2023

Prestasi membanggakan diraih oleh seorang mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang (UNP) dalam ajang UNP Expo Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2023. Mahasiswa bernama Annisa Hasna Fauzia berhasil meraih juara 1 dalam lomba ide kreatif berkat inovasinya yang luar biasa di bidang tata rias dan pengelolaan limbah kosmetik. Inovasi yang diusung hasna ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta fasilitas dalam pemanfaatan skincare dan kosmetik kedaluwarsa untuk mengurangi produksi limbah B3, hal ini tidak hanya menunjukkan kreativitasnya dalam tata rias, tetapi juga kepeduliannya terhadap lingkungan.

Ide kreatif yang mengantarkan Annisa Hasna Fauzia meraih juara 1 berawal dari mata kuliah Desain Kecantikan Digital yang diampu oleh Ibu Merita Yanita, S.Pd., M.Pd.T dan Ibu Vici Syahril Chairani, M.Pd. Dalam mata kuliah tersebut, Hasna mengembangkan pembuatan desain wajah dengan memanfaatkan limbah produk make up. Limbah ini diolah menjadi material yang dapat digunakan kembali dalam berbagai aplikasi kecantikan, termasuk seni rupa wajah dan tata rias kreatif.

Program inovatif yang dikembangkan oleh Hasna diberi nama “Chic Community”. Chic Community akan menciptakan program edukasi dalam bidang pengetahuan pengelolaan limbah B3 pada produk kosmetika dengan sistem ‘reuse’ atau menggunakan kembali produk yang sudah tidak aman pada kulit menjadi produk yang dapat digunakan dalam kebutuhan kebutuhan rumah tangga serta bidang seni.

Program ini bertujuan untuk mengajak komunitas, terutama para peminat tata rias, untuk lebih sadar akan pentingnya pengelolaan limbah kosmetik yang berkelanjutan. Dalam program ini, Rahma memberikan pelatihan dan workshop tentang cara mengolah limbah kosmetik menjadi produk baru yang bernilai estetika tinggi, sekaligus ramah lingkungan.

Program Komunitas Pengelola Limbah Kosmetik ini juga diharapkan dapat menjadi model yang bisa diterapkan di berbagai tempat. Annisa berencana untuk memperluas jangkauan program ini ke berbagai komunitas di luar kampus, termasuk sekolah-sekolah dan organisasi kemasyarakatan. “Saya ingin program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak orang. Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga lingkungan,” tambahnya.

Selain itu, Annisa juga aktif melakukan kampanye melalui media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan limbah kosmetik. Kampanye ini mendapat respon positif dari netizen dan berhasil menarik perhatian banyak pihak yang tertarik untuk bergabung dalam komunitas yang dibentuk Annisa.

Kemenangan Annisa di UNP Expo 2024 ini juga membuka peluang baru bagi dirinya untuk terus mengembangkan inovasi di bidang tata rias dan kecantikan. Dengan prestasi ini, Annisa berharap dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan peduli terhadap lingkungan. “Saya berharap pengalaman ini dapat memotivasi teman-teman mahasiswa lain untuk tidak takut berinovasi dan selalu berpikir kreatif. Kita semua bisa berkontribusi untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik,” tuturnya.

Prestasi yang diraih Annisa Hasna Fauzia di UNP Expo 2024 ini menjadi bukti bahwa inovasi kreatif dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat. Keberhasilannya menunjukkan bahwa dengan dedikasi dan kerja keras, setiap mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia melalui ide-ide yang inovatif dan berkelanjutan.(Humas TRK)
Keberhasilan Hasna dalam meraih juara 1 ini mendapat apresiasi besar dari berbagai pihak, termasuk Rektor UNP. “Inovasi yang dilakukan oleh Hasna menunjukkan bahwa kreativitas dan kepedulian lingkungan dapat berjalan beriringan. Ini adalah contoh nyata dari kontribusi mahasiswa dalam memberikan solusi nyata bagi permasalahan lingkungan,” ujar Rektor UNP dalam sambutannya.

Dengan prestasi ini, Annisa Hasna Fauzia berharap dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan peduli terhadap lingkungan. “Saya berharap program Komunitas Pengelola Limbah Kosmetik ini bisa berkembang lebih luas dan membawa dampak positif tidak hanya di kalangan akademisi, tetapi juga masyarakat umum,” ungkap Hasna. Prestasi yang diraihnya di UNP Expo 2023 ini menjadi bukti bahwa inovasi kreatif dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat. (Humas TRK)



Tinggalkan Balasan